Orang Yang Paling Populer (dan Paling Bahagia)

Saat Tony Buzan masih remaja, ia mengandalkan IQ-nya dalam bergaul dengan orang lain. Dengan senjata andalannya ini, ia suka menganalisis kekurangan orang lain. Ia libatkan diri dalam aneka perdebatan. Tony selalu berupaya mencari kelemahan pendapat orang-orang, mematahkan argumentasi mereka, dan memperlihatkan bahwa yang benar adalah pendapat dirinya. Disangkanya, untuk menjadi populer, orang harus tampak “pintar” (ber-IQ tinggi) dan memenangi berbagai “pertempuran” (debat).

Namun, hasilnya mengejutkan. Bukannya menjadi populer, Tony malah mendapati banyak musuh yang ia ciptakan tanpa sadar. Gara-gara “kehebatannya” itu, teman-temannya justru menjauh.

Tony penasaran. Ia mau tahu, apa yang sesungguhnya membuat orang-orang tertentu menjadi populer. Maka ia mulai memerhatikan orang-orang “biasa” di sekelilingnya yang jelas-jelas lebih populer daripada dirinya.

Rupanya, orang-orang yang paling populer (dan paling bahagia) ialah mereka yang selalu tersenyum, tertawa, dan bergurau. Mereka bersikap terbuka, ringan-tangan menolong orang lain, dan cenderung menghindari perdebatan. Mereka pun tampak lebih santai, lebih percaya diri, dan lebih berhasil dalam asmara!

Belakangan, sadarlah Tony bahwa supaya sukses dalam pergaulan, “Saya harus mulai menyadari bahwa hal-hal terpenting yang perlu dimiliki adalah pengetahuan dan keterampilan dalam memahami orang lain, alias keterampilan antarpribadi, alias Kecerdasan Sosial.” (Tony Buzan, The Power of Social Intelligences, hlm. 7)

Hasilnya, Tony Buzan semasa dewasa berhasil menjadi penasihat pengusaha-pengusaha top dunia. Ia pun diundang berceramah ke berbagai penjuru dunia, terutama mengenai otak dan pembelajaran.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s