Curhat di sini, sana, situ? Silakan!

She Talks to FlowersMau curhat sepuasnya? Boleh. Kau boleh curhat di tempat Gaul sini, di tempat Cinta sana, atau pun di tempat Pacaran situ.

Silakan curahkan apa saja perasaanmu di sini. Kalau mengenai masalah percintaan, boleh di sana. Namun khusus mengenai pacaran, di situlah tempatnya.

Silakan, tak usah malu-malu. Bila perlu, gunakan nama samaran. Dengan curahkan isi hatimu, insya’ Allah perasaanmu akan lebih lapang.

50 komentar di “Curhat di sini, sana, situ? Silakan!

  1. aku bingung pacaran ru dapet 5 hari tapi aku dah pengen putus…
    bukan masalah q g sayang m dy…aku sayang banget m dy…
    tp dy itu terlau tajir buat aku…
    aku cuma maba sedang dy kakak tingkat aku… apa kata temen n keluarga dy
    dikira aku ce matre…
    pokokna aku pengen mutusin dy
    tanpa dy harus tau masalah yang sesungguhna

  2. q heran dgn diriku sendiri,mengapa aku blom bs buka hati q bwt org laen setlah q putus ma mantan q 3 thn yang lalu……….pdhl skrng ini q dah punya co,….
    prnh seorng tmn q menanyakan pa q tlah melupakan mantan ku?q hanya bs diam dan tersenyum.dan tmn q bertanya lg,mngp q bs nrima se2orng itu jd pcr q?q cm bs jwb krn dia shbt baik q dan q nggak mau nyakitin org yg dah brusaha ngasi cnta bwt q…………

  3. tahanks y..dah dibolehin curha dsini.
    aku mau tanya salahkah aku mencintai orang yang sudah punya kekasih? pertama kali aku mengenal laki-laki itu,aku tidak mengetahui dia punya pacar. setelah aku tahu, aku menjauh padanya dan kalau dia benar-benar cinta dan ingin menjadi kekasihku maka putuskan dulu pacarnya. dia melakukkan itu untukku,dia memutuskan pacarnya. pertanyaan ku salahkah sikapku ini? padahal aku sangat cinta juga pada laki-laki ini…
    tq

    • it ky ksh q.q dh 2 bln pcran m dy.g tw ny trnyt dy dh pny pcr.q pgn jauh.mlah dy g mw.dy lbh plh mutsn pcrny utk jd kksh q.akhr ny km jadian dn udh stahun lm2 q tw sfat ny dy mengnkn sesuat dr q yait kgadsn q.tp g sgra ad niat tuk nkahi q.akhrny q ptskn dy ‘‘

  4. aq punya temen and aq dah pernah tembak dia 3x dan ke 3 tigax nya ditolak^^ nadsib2. but aq masih sering komunikasi ma dio and, dio masih mau bals2 mmm, walo jg kadang2. rada2 aneh niy jadinya………………………………………………………..but ilove it^^

  5. gmn carax klw q jatuh cinta sama anak sekelas?tapi q malu tuk mengungkapkanx.akhirx q simpan dlm hati.en suatu hari ada teman q yg juga suka k dy.setelah q tw beritax dari telinga q sendr.hati q rasax tercabik-cabik.trz q hrus gmn?pilih tmn or cowok?klw plih tmn rasax q gk rela bgt deeeeeeeeeeeeeeeeh.THANKS.

  6. Bbrap bln yg l2,sy d tunangkn olh ort sy,beliau sgt bangga mempuxai menantu cprt dia krn ahlaqx yg bæk n or bilang dya cakep,tp mnrut sy dya biasa2 aja,hing2a sy tdk dpt mncintai dya,n ckrg dya mint d dftarkn haji bareng sy k ortx,ahirx sy n dya d dftrknx n ckrgpun sy sdh mnanda tangani dftran hj itu,n sblum sy brgkt hj sy hrs mnikh trlbih dhlu,sdangkn sy tdk mngi2nkn itu krn usia sy mch sgt muda/17 th n sy tdk ingn mnkh dg or yg tdk sy cintai,sdangkn ort n mrtua sy sgt bangga dg rencna yg cprt it,sy pgn bgt hubngn sy dgnx puts,tp jk sy puts bagaimn dg kluarg sy?!mreka pasti akn mrs kcew sm sy,sdgkn sy tdk ingn jd ank yg dpt mngecwkn ht mreka trmsuk abuyah n ummah sy yg stip hr banting tulang unt kbhhgia’an sy.apa suatu hr n2ti sy hbungan sy bs puts?!

  7. sebelomnya makasih aq bisa berbagi cerita di sini,aku seorang pria,22 tahun kerja dengan karir yang lumayan bagus dan jabatan yang lumyan bergengsi,prestasiku pun meningkat dengan kerja keras selama ini,tapi dalam pandangan aku merasa diri ini masih berkurang walaupun bisa di bilang aku secara materi lebih dari cukup.

    kekurangan terpikiran buat aku yang seorang serjana ekonomi adalah aku sangat kesepian,aku hidup tanpa beban karna aku seorang anak yatim piatu semenjak kecil orang tua ku sudah meninggal,dan dari keras hidup ini aku menjadi denadam untuk mengubah nasib dengan cara ku harus giat belajar dan bekerja keras mencari mimpi itu. allhamdulilah mimpi yang selama aku harapkan telah terjadi di depan mata.

    tapi , masih belom bisa aku banggakan karan aku tak bisa membuktikan kepada orang tua ku sendiri yang telah pergi meningalkan aku sebatang kara,

    tak ada arti hidupku……………percuma semua…yang kudapatkan tak pernah terjadi dalam harapan yang nyata
    aku butuh perhatian dan kasih sayang
    aku butuh orang yang bisa menemanin aku selama hidup agar aku bisa tertawa sepuas dahaga, tapi mustahil karan aku seorang pemuda yang sangat pendiam.
    aku cuman butuh kehangatan kasih sayang keluarga…….

    adakah yang mau membantu ku….
    adakah yang mau menjadi sahabatku…….
    adakah yang peduli sama david…………..!!!!
    David Sumbara.SE,AK
    M-BILE 087871787071

  8. JOMBLO….!!!! dari lahir juga aku dah jomblo,he..he….

    sampai sekarang aku masih sendiri karan hidupku dari lahir juga sendiri,kacian….yach!!!

    aku lahir di serang Banten tepat pada tanggal 22 02 1986.aku tumbuh menjadi anak yang pendiam dan tak pernah bahagia karan semenjak umurku 3,5 tahun mama tercinta dijemput oleh Tuhan.papaku yang aku sayangi menikah lagi,dan aku di asuh oleh seorang nenek yang kini telah berusia 85 tahun aku sangat sayang sama nenek.bayangkan dari buta huruf aku telah di bimbing sama nenek.karana ibu tiriku tak menerima aku sebagai anaknya.

    Tahun 1990 – an

    aku tumbuh besar menjadi anak – anak yang pendiam dan tak berdaya di sebuah kampung kecil pesisir selatan padang sumbar.semua orang menghina aku karan aku dibilang anak yang kurang kreatif dan tak pernah tumbuh daribimbingan kasih sayang di sekitar aku.tapi semua tak menjadi halangan buat aku belajar
    alhamdulilah dari kelas 1 SD sampai dengan SLTP aku selalu menjadi juara kelas. semenjak KLS 2 SLTP papa tersayng di jempu oleh tuhan.dan hidupku mulai berubah kembali…..

    aku tambah menjadi pendiam karna aku telah kehilangan semua harta yang paling berharga yaknio kasih sayang.dan nenak karna sudah tua ikut sama anaknya adek papa.

    2000 an

    aku menjadi remaja yang aktif di sekolah,aku menjadi ketua osisi dan juara kelas bahkan aku sebagai icone sekolah.aku mendapat sekolah ini secara gratis SMK N01 MESRA Neuheun BANDA ACEH NAD
    beasiswa prestasi aku dapatkan bahkan aku telah masuk daftar nama calon mahAsiswa di UGM oleh pemerintah NAD.

    Semua berubah setelah kejadian TSUNAMI aceh,semua kenyataan aku pudar hanyut bersam gelombang laut yang tak peduli dengan nasib aku selanjutnya. impian sekloah dan kerja telah pudar……….

    tanpa semangat…aku ikut mengungsi di medan dan aku melapor pemerintahan medan serata DPR PUSAT JAKARTA.dengan perhatian mereka aku di pindahkan di sekolah baru tepatdi SMK 01 TANJUNG,TABALONG Kalimantan Selatan,alhamdulilah akululus dan aku mendapatkan beasisiwa kuliah di UNIVERSITAS JANABADRA JOYAKARTA mengambil jurusan ekonomi karana aku lulusan akuntansi…………alhandulilah semua ….telah tergantikan.

    dan kini aku bekerja di perusahaan suplier,di bagian management perusahaan.

    aku telah lupa denagn mimpi kasih sayang aku sudah lupa dengan semuanya karna hidup ku menoton.pergi pagi kerja ke kantor pulang malam makan dan tidur…tanpa ada peduli sekeliling.bahkan peristiwa apapun aku tak pernah tahu…..

    aku hidup tanpa adayang menemanin, karana di kantor karna menjaga nama baik aku wibawa,dan bisa di bilang aku jutek sama bawahan ku……dan tak terasa air mata menetes di pipi.jika aku meliahat teman kantor dan teman luar bahagia bermesraan……melimpahkan kasih sayang….bersama.

    aku kesal jika hidupku di kaitkan denhan kasih sayang……
    tapi aku sadar sampai kapan aku hidup egoiss…….!!!aku harus sadar!!!

    aku harus memikirkan jodoh walaupun di bilang aku masih kecil dan muda karna umurku 22 tahun.tapi secara materi aku sudah mampu…..dan secara mental pun aku dah siap.

    entah kenapa sampai sekarang aku belom menemukan jodoh dan kenapa semua orang tak pernah melihat aku……..

    menurut sahabatku yang terdekat mereka tidak bisa mendekatin aku karan mereka terlalu kagum dengan seorang pemuda yang masih belia telah …….berhasil dalam hidupnya dan inilah yang menjadi mereka kecil hati jika mendekatin aku……

    dalam kecil hatiku…..”ooooh knp manusia ….”

    dave 087871787071

  9. hari ni bru mutusin cowo yang sbnernya masih q sayangin, hiks.. abis dyanya ketauan bbrapa kali gombalin cewek2 (banyak) lain, dah gak kwat sama klakuannya, sangkain soleh, ternyata aq salah sangka..aq gak pernah patah hati sebelumnya, jadi sedih banget rasanya. kenapa aq bisa salah menilai laki2 ya? apa mata hatiku blum bersih sehingga gak bisa menilai mana yang baik atow gak.. ataw memang org gk bisa diliat dari luarannya?, gimana kita bisa tau dalem2nya klo gak kenal lama?. Rasanya menutup diri seperti dulu lebih baik dari pada terbuka..hiks…
    atau aq yang selfish? gak tau lah, hanya buatku calon swami gak boleh gombal sama orang lain… apa aq salah ya tman2?

  10. ass.wr.wb
    saya mempunyai pacar tetapi hubunguan km tidak direstui dengan orang tuanya tanpa memberi alasan yang jls yang membuat saya binggung yg saya harus lakukan!karna saya tidak mau kehilangan dya aq sudah terlalu amat menyanyanginya.

    • @ ica
      wa’alaykumussalaam… curhatnya perlu diperjelas: mengapa tidak direstui orangtuanya, umur kalian berapa, sudah berapa lama kenalan, sudah berapa lama pacaran, di lingkungan bagaimana kalian tinggal, ………….

  11. dua bulan yang lalu saya resmi jadian dengan salah seorang laki-laki yang membuat saya merasa tenang bila berada di dekatnya.tapi setelah dua bulan jadian dengannya saya baru tahu kalau dia punya kekasih selain saya.Dan yang lebih meyakitkan lagi saya jadi pacarnya yang ke enam betapa hancur hati saya mendapatkan fakta itu,apa lagi yang mengasih informasi itu adalah kakak saya,dan teman2 saya.sementara saya sudah terlanjur mencintai dia,waktu saya tanya dia hanya diam dan tak dapat menjawab pertanyaan saya.ia berlalu pergi begitu saja,sudah satu bulan sejak kejadian itu,dia ngak ada kabar bahkan hubungan ku dengannya sudah ngak tahu gimana ge???
    tapi aku masih mencintai dia karena saya sudah memberikan 100%hati saya untuknya.jadi saya harus bagaimana agar saya bisa melupakannya!!!makasih

  12. asslm’alaikum wr.wb
    gmn cranya mlupakan org yg amat kita sayangi?alsn sya ingn mlpakannya krna ia trlalu baik,dan say tak ingn mmbuatnya skit hti.Apakah slah bla sya ingn mlpaknnya.Tp di saat sya mw mlpaknnya tkdir sllu mmpertemukan aku dan dia,kdng aku brfikir apakh ini yang disebut jodoh.Teman2 ku sllu berkta bhw mngkin kmi mmang brjodh.

    • y low emg jdoh g kn kmna..shrusny lu tu sneg cz lom tntu loch da org yg kyak dy og malah di sia2in sich..dsar emg aneh lu ya..tp igt jgan mpe nyesel dkmudian hri kyak w..

  13. pak ustad saya baru mendapat kemalangan saya di tinggal pergi oleh kekasih hati,g mana pak saya sudah membaca buku bapak tapi sulit aku melupakannya,karena kami udah 6 tahun pacaran dan akan menikah gimana pak tolong saya harus bagaimana pak.umur saya 31 thn and lulusan ilmu hukum perdata thn 2005,saya juga perna belajar agama tapi sekarang tidak aktif lagi,dan jarang ketemu ustad saya lagi,saya sibuk dengan pacar saya jadi lupa semua,saya tinggal di palembang,tolong saya atas sarannya pak.pak saya seperti ada tanda dari masuk smp,apa yang jadi mimpi saya menjadi keyataan pak,gimana itu dan saya tahu juga manta pacar saya akan meninggalkan saya udah tahu.awalnya saya tidak menhiarukan itu tetapi lama-lama jadi keyataan pak saya harus bagaimana,sampai saya ketemu orang alim ulama atau wali saya sudah ketemu pak.tapi setelah saya ketemu dengan mereka meninggal pak gimana saya harus perbuat dengan mimpi saya dan problem saya ini dng pacar saya pak.saya percaya bapak bisa memberi saran,solosinya haya allah yang tahu.

  14. ass. sya mo crhat donk…
    sya sarah umur 13 thn .

    saya pnya tmn cwo, nah dia tuh ska sma sya .
    tp sya gg ska sma dia .
    trs sya ska smsan sma dia .
    dia tuh org.a baik trnyata.
    jdi stlah lma kelamaan sya ska sma dia .
    tp syng.a dia tuh maruk…
    dia udah blng ska sma sya .
    tp sya gg mau pcran sma dia .
    trs dia nmbak tmn sya , tp hub. itt cman brthan 2 hri .
    trs dia jdian lg sma tmn sya yg lain , bru kmren jdian.a
    rsa.a saya sedih ….
    sya jdi mrsa nyesel udah nyia2in dy gt ajj .

    nah prtnyaan.a : gmna cra yg baik bwt ngelupain dia ?
    trs bgaimna skp sya yg baik trhdap dia ?

  15. salam ustad.. sy raka 25 th. sy punya kenalan perempuan cantik keturunan arab. (bp nya arab ibunya sunda) sy sungguh mengaguminya skaligus mencintainya. ingin rasanya kelak punya istri seperti dia. namun sy terbentur dengan anggapan & opini masyarakat bahwa kita laki2 sunda ga boleh jodoh ke wanita kturunan arab. apa benar sprti itu?.. apakah serumit itu ya?.. tolong sy ustadz.. saran & motivasinya segera…(karena dia takut kburu diambil orang..he…)

    • cpa blag..mnrut w bleh og..yg pnting g mlanggar agama..udh g usah prcaya ma omongan org yg pnting tu yg nglakuin..tp jgan lpa low liat psangan jgn hnya dr fisik n materinya ja tp yg pling pnting hati n imanya key…ups..sory w bkan ustads..w cma org yg ge prhatin ma kadaan lu..asal cnta tu tlus w yqin tuhan kn nglindungin qt..yudhlah g ush prcya ma tahayul..mga skses..

  16. kmrn aq ngalami kclakaan maut yg amper rengut nyawa aq,.. hari ini aq di serang tekanan mental yg sngat dhst…. tekanan mental yg tkt khlngan … krna tekanan itu emosi aq jd labil … gmpng mrh dgn orng2 yg aq syng … smkin lm mreka menjauh.. dr khidupan aq ..
    jjr aq tag snggup adepin idup kyk gni trus .. apo aq msti mabok …? msti pkek narkoba ? msti mrh2 ? msti pasra ? aq binggung mw adepin kyk mn lg situasi ini ? sft aq brbh smnjk aq mndptkan tekanan menta la yg luar biasa .. T_T ” help me “

    • Loch lu kok bsa mpe gtu sich..,tuk s’at ne mdgan lu ingt ma tuhan aja..kurangin tuch pkiran yg brat..cba dech lu pke bwat shlat,ngaji n dzikir psti hdup lu g kn sia2 n w yqin low lu brbah psti tuhan kn ngsih jlan bwt lu,yg sbar ja y..q ikt prhatin ma kadaan lu yg pnting lu hrus kuat mghadapi cbaan ne key..slamat mencoba..

  17. bleh,pas bget ne q ge btuh tmen..oy q mo tnya gmn y cranya mnta m’af ma org yg prnh qt skiti,kmrn q udh mnta m’af n q jg ngjak blikan,q jg udh ngkpin smua kslahan q ma dy tp dy tkut tak skti lg n dy malah mutusin bwt ngglin q..n mpe skrg q msh g bsa lpain dy..pkknya q g kn rela dy jd mlik org lain..oh tuhan tolonglah aq..

  18. saya mau cerita, saya lg nga harmonis bgt sm pacar nih pak ustad, sering bgt berantem, pdhl cman hal spele aj!! dia trlalu over, dia juga sll buat saya curiga krn sikap dan sifat anehnya, bagaimaana saya harus menanggapainya nih?

  19. Q mo curhattttttttt….. about si dy…… and my friend. pas Q ge prgie…, dy ko plah pacaran ma friend Q

    Q tadi’a syox, pi bis to dy to xmx Q jlo dy to masihhhhh cuka Q n’ cinta mati ma Q

    waktu Q pulang ri cilacap…. dy mnt 5v ma Q

    tyus yang bikin Q bingung napa friendQ ndiri kaya gt……………………………….

    sumpah Q marahhhhhhhhh nged…………

  20. Saya punya pacar yg sedang sakit,yang saya sadar.mungkin sya cm cinta karena kasihan.karena satu kecelakan ,ia mencoba bunuh diri dengan meminum racun serangga.Berakibat,ia jadi menderita sekarang.waktu ia meminta saya menjadi pacar nya,saya setuju n menerima nya. Saya bertekad,mungkin akan melepaskannya setelah ia sembuh benar.Tapi ia malah menggungkapkan perasaan nya yang sesungguh nya.dan mengiginkan hubungan Badan dalam hubungan kami.jelas saya menolak,dan ia terus menggeluh mengatakan bahwa saya tidak tulus dan sungguh-sungguh mencintainya dll.Dia ingin putus saja jika saya tidak memenuhinya.tapi saya belum siap melepasnya,karena ia masih butuh dukungan.dan saya sangat kasihan padanya.apa yg harus saya lakukan?

  21. assalamualaikum wr.wb

    saya jaluck mo curhat.
    jadi begini cerita nya 8 bulan yang lalu saya PDKT sama dedemenan saya tapi saya tak mampu ucapkan cinta yg besar itu kepadanya hingga akhirnya teman saya yang mengungkapkan rasa cinta kepada nya dan si cantik terima cinta dy so…. saya gi2t jari dan terima dng lapang dada pada keputusan chee cantik. karena alasan tak mau menggangu hubungan mereka saya pun memutuskan untuk tidak selalu menghubunginya seperti biasanya walau saya masih mencintainya,dan 8 bulan pun berlalu tepatnya 1 minggu yang lalu 5 juli 2010 saya mendengar kabar bahwa mereka sudah putus nah saya pun langsung tancap gas untuk PDKT lagi iya kan?? nah tiba selang waktu 1 minggu saya PDKT tepat semalem saya mendapat sms ancaman dari teman saya yang bilang jangan ganggu si cantik lagi nah karena merasa mereka sudah putus ya saya coba bertanya kenapa?? dan dy jawab dy putus karena saya mengganggu hubungan mereka. Dan dy trus mengirimi saya sms berbahasa kasar tolong saya apa yg mesti saya lakukan ??

  22. assalammu’alaikum wr. wb.

    entah bagaimana posisi saya sekarang, entah sebagai orang kedua atau orang ketiga. semuanya berawal saat pacar saya di lamar oleh seorang pria yang tidak begitu dikenalnya, dan pacar saya tersebut pun menyerahkan semua keputusannya kepada keluarganya tanpa memberitahu kepada saya, lantas keluarga pacar saya menerima lamaran keluarga pria tersebut.

    lalu beberapa hari kemudian pacar saya tersebut memberitahukan bahwa dia telah dilamar oleh orang lain, dan lamaran tersebut telah diterima oleh keluarganya. ia menyerahkan keputusan tersebut karena sepertinya keluarga pacar saya tersebut menginginkan ia menikah dengan laki – laki tersebut.

    setelah pacar saya tersebut berfikir panjang, ternyata penyesalan timbul di dalam dirinya, ia menyesal karena telah menyerahkan keputusan kepada keluarga yang telah menerima lamaran tersebut. dan sekarang kami tidak tahu lagi bagaimana cara membatalkan lamaran tersebut. dan sampai sekarang kami masih tetap berusaha..

    memang pernikahan belum ditetapkan, mungkin pernikahan akan berlangsung setelah pacar saya tersebut telah menyelesaikan kuliahnya. mungkin satu tahun atau satu setengah tahun lagi.

    sepertinya kami dari awal telah salah karena merahasiakan hubungan kami ini kepada keluarga pacar saya tersebut, namun apa daya semuanya telah terjadi. dan sekarang saya tidak tau harus bersikap seperti apa.

    pacar saya tersebut ingin membatalkan lamaran tersebut, tapi tidak tau harus bagaimana cara membatalkannya karena keluarga pacar saya tersebut meminta pacar saya untuk mempertanggung jawabkan keputusannya waktu itu. dan keluarga pacar saya tersebut berkata kalau pacar saya tersebut bikin malu keluarga saja.

    saya tidak tahu harus berbuat seperti apa, bicara seperti apa dan melakukan apa dengan posisi saya saat ini. jujur, di satu sisi saya ingin melepaskannya, tapi di sisi lain saya sangat tidak ingin untuk kehilangannya, dan sayapun masih jelas mendengar kalau pacar saya tersebut juga tidak mau kehilangan saya. dan dia mau berjuang bersama saya untuk membatalkan lamarannya tersebut..

    harus bagaimanakan sikap saya di posisi ini?
    dan langkah seperti apakah yang harus kami ambil pada saat ini?

  23. saya mw tanya kasus sama dg org2 sbelumnya ….
    apakah saya masih perawan atau tidak saya di perkosa skitar 6-7 thun ,dulu saya tidak mengerti….
    saya bingung saya mau melamar polwan tapi saya tkut jika saya tidak perawan lagi….tolong saya….padahal cita2 saya adalah polwan.
    karena di tes polwan katanyanya ada tes kperawanan…

  24. ass. wr wb q mw tny ustd klo ujung pnis duanx msuk k vagina ap sdh tdk perwn..,.krn sat it mantn q ingn brcnta tp kburu sdar lngsng q lpskn pns ny.bru ujung ny yg msuk.apa sya sdh tdk perawn?

  25. Assalamu’alaikum wrb.
    Saya mw curhat bgaimna menghadapi cwo yg diem2 qta kagumi yg blum tentu jg dy m’ncintai qta,n bgaimna cra menghadapi cwo yg m’ncintai q tp q gk ska sma dy.mhon di jawab

  26. asslkm..
    Sya ingin brtnya?
    Lelaki yg baik itu n syng kpda qt itu seprti pa?
    Apa lelaki yg baik itu,suka mengatur2 dan pengekang.
    Tlong d.jelaskan.
    Kriteria lelaki yg baik sprti pa.
    Syukron

    waslm..

  27. assalamu’alaikum ustad saya mau curhat disini saya sudah pacaran beberapa kali dan terakhir saya pacaran disitu saya sadar dan tak mau pacaran lagi tapi terkadang teman” saya selalu nyomblangin saya dengan teman laki” mereka sedangkan disini saya sdah gak mau pacaran, menurut ustad saya harus bagaimana saya bingung

Tinggalkan komentar